Kamis, 28 November 2013

5 JENIS E-COMMERCE (Dunia Perdagangan)

1.)   BUSINESS TO CONSUMERS (B2C)

 

Keunggulan :

Ø  Dapat meminimalkan cost yang dikeluarkan

Ø  Dapat mempromosikan produk mereka secara luas

Ø  Dapat langsung berinteraksi dengan customers tanpa perantara

Ø  Dapat melakuakan pembelanjaan dengan mudah

 

Kelemahan :

Ø  Rawan untuk penipuan

Ø  Produk yang di order tidak dapat dilihat secara langsung

Ø  Produk yang dilihat di website, terkadang tidak sesuai dengan aslinya

 

Contoh :

ü  http://www.amazon.com

ü  http://www.bhinneka.com

ü  http://habbatsonline.com

ü  http://louisvuittonreplicabag.com

ü  http://www.balidenpasartranding.com

 

2.)  MOBILE COMMERCE (m-commerce)

 

Keunggulan:

Ø  Dapat dihubungi kapan saja

Ø  Mempermudah mengakses data secara real time

Ø  Device bisa menyimpan data dan terhubung ke internet

 

Kelemahan :

Ø  Keterbatasan perangkat

Ø  Tingginya tingkat kehilangan

Ø  Bertambahanya tingkat kerawanan terhadap security, ketika data ditransfer melalui air interface

 

Contoh :

ü  M-BCA

ü  http://www.klikbca.com

ü  m.facebook.com

ü  m.google.com

ü  m.garuda/indonesia.com

 

3.) E-GOVERMENT

 

Keunggulan :

Ø  Kultur berbagi belum ada 

Ø  Pola pikir masih sederhana (gagap teknologi) 

Ø  Terbatasnya jumlah server dan sedikitnya software berlisensi karena mahal 

Ø  Sumber daya manusia yang handal di bidang TI kurang 

Ø  Belum terintegrasinya database dan sistem aplikasi secara menyeluruh

 

Kelemahan :

Ø  Dapat membentuk hubungan interaktif dengan dunia usaha untuk menghadapi perubahan dan persaingan perdagangan internasional.

Ø  Dapat membentuk jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yang 

Ø  berkualitas,  cepat, dan terjangkau oleh masyarakat luas.

Ø  Dapat membentuk mekanisme dan saluran komunikasi dengan lembaga-lembaga 

Ø  negara serta menyediakan fasilitas dialog publik. 

Ø  Dapat membentuk sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan   

Ø  efisien memberikan layanan yang lebih baik pada masyarakat. 

Ø  Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui informasi yang mudah diperoleh. 

 

Contoh :

ü  http://www.posindonesia.co.id/

ü  http://www.transjakarta.co.id/

ü  http://www.pin.co.id/

ü  http://www.kereta-api.com/

ü  http://www.pamjaya.co.id/

 

 

4.) COSTUMER TO COSTUMER

 

Keunggulan:

Ø  Membantu seseorang/individu yang secara pribadi ingin menjual barang atau jasanya   secara cepat ke masyarakat luas.

Ø  Biaya untuk menaruh iklan pada situs lelang online biasanya relatif murah.

Ø  Calon pembeli dapat membanding - bandingkan harga dan kualitas dari barang atau jasa yang ingin dibelinya, sehingga ia dapat menentukan pilihan yang paling tepat bagi dirinya agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

 

Kelemahan :

Ø  Banyaknya saingan antara penjual barang atau jasanya karena biasanya untuk kategori barang atau jasa tertentu yang ingin dijual banyak sekali terdapat penjual untuk barang dan jasa yang sama.

Ø  Pihak penjual maupun pembeli lebih harus berhati - hati dalam bertransaksi karena adanya kemungkinkan pihak penjual maupun pembeli terjerat undang - undang mengenai perdagangan dan IT.

Ø  Rawan penipuan

 

Contoh :

ü  http://www.berniaga.com/

ü  http://www.tokobagus.com/

ü  http://www.dytoshare.com/

ü  http://www.kaskus.us/

ü  http://www.amazone.com/

 

 

5.)  COSTUMER TO BUSINESS (C2B)

 

Keunggulan :

Ø  Bisa melakukan promosi tanpa modal yang besar

Ø  Melebarkan jangkauan dalam mencari relasi.

Ø  Menghilangkan perbedaan antara perusahaan besar dan perusahaan kecil

 

Kelemahan :

Ø  Kurangnya dukungan finansial

Ø  Kurangnya kemampuan SDM dalam mengelola E-Business

Ø  Adanya masalah keamanan dalam melakukan transaksi.

 

Contoh :

ü  http://www.rakitan.com/

ü  http://www.kaskus.us/

ü  http://www.zulida.com/

ü  http://www.gustikakonveksi.multiplay.com/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar